Home » Seputar Logistik » Ekspedisi Adalah Istilah Dalam Pengiriman, Ini 3 Manfaatnya!

Ekspedisi Adalah Istilah Dalam Pengiriman, Ini 3 Manfaatnya!

Ekspedisi Adalah Istilah Dalam Pengiriman, Ini 3 Manfaatnya!

Ekspedisi adalah salah satu hal yang sangat familiar bagi Anda yang terlibat dalam bisnis online atau logistik pengiriman barang. Layanan ini umumnya digunakan untuk mengirimkan barang atau produk kepada pelanggan, membuat proses pengiriman menjadi lebih efisien.

Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring berjalannya waktu, tren belanja online semakin populer di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, kebutuhan akan jasa ekspedisi juga meningkat, membantu mengirimkan produk yang dipesan secara online oleh pelanggan.

Saat ini, ada berbagai pilihan jasa ekspedisi yang dapat Anda manfaatkan untuk mempermudah proses pengiriman barang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai konsep ekspedisi adalah salah satu istilah dalam dunia pengiriman, simak informasi di bawah ini.

Ekspedisi Adalah Hal Umum Dalam Dunia Pengiriman, Berikut Definisinya

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekspedisi diartikan sebagai pengiriman surat, barang, dan sejenisnya. Kata “ekspedisi” juga merujuk pada perusahaan yang bergerak dalam bidang pengangkutan barang. Selain itu, istilah “ekspedisi alam” mencakup kegiatan perjalanan untuk penelitian ilmiah di daerah yang kurang dikenal.

Secara umum, makna ekspedisi adalah perjalanan terorganisir dengan tujuan tertentu. Dalam konteks bisnis, ekspedisi adalah yang berfokus pada pengiriman barang, melibatkan aktivitas fisik pemindahan barang dari satu titik ke titik lainnya.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi ekspedisi adalah merujuk pada “pengiriman surat, barang, dan sejenisnya” atau mencakup “perusahaan pengangkutan barang.”

Baca Juga: Cara Menulis Alamat Paket yang Benar, Agar Tidak Salah Kirim!

Pendekatan yang lebih khusus terhadap konsep ekspedisi, menurut Lembaga Logistik Indonesia dalam konteks pengiriman barang, adalah sebagai berikut:

“Ekspedisi diartikan sebagai kegiatan menyusun dan melaksanakan pengiriman fisik barang dari gudang ke tujuan yang telah ditentukan, sejalan dengan dokumen pemesanan dan pengiriman, serta memastikan barang dalam kondisi sesuai dengan persyaratan penanganan yang berlaku.”

Proses pengiriman barang ini melibatkan kegiatan pengepakan untuk memastikan keamanan barang. Semua kegiatan ini diatur dan dikelola oleh perusahaan ekspedisi.

Ekspedisi melibatkan berbagai pilihan moda transportasi. Beberapa contoh moda transportasi yang digunakan dalam ekspedisi adalah darat, laut, dan udara. Meskipun pengiriman darat cenderung lebih ekonomis, namun waktu pengiriman barang bisa lebih lama.

Ekspedisi Adalah Hal Penting Dalam Bisnis!

Peran ekspedisi dalam aktivitas perekonomian sangat signifikan karena peredaran barang dan jasa berkontribusi pada dinamika peredaran uang di pasar. Oleh karena itu, layanan ekspedisi adalah hal yang krusial untuk memperlancar alur peredaran tersebut.

Dalam dunia bisnis, tidak semua produsen memiliki kemampuan mengirimkan produknya secara langsung kepada pelanggan. Oleh karena itu, kegiatan ekspedisi menjadi solusi untuk menjalankan sistem logistik dan pengiriman barang yang lebih efisien.

Hal ini disebabkan manajemen sistem logistik dan pengiriman barang dapat menjadi tugas yang rumit jika dilakukan sendiri. Di antara berbagai jenis bisnis, bisnis e-commerce menjadi salah satu yang paling memerlukan layanan ekspedisi.

Dengan memanfaatkan jasa ekspedisi adalah pelaku bisnis online dapat menjual dan mengirimkan produk ke berbagai lokasi, bahkan hingga ke daerah terpencil atau luar negeri. Dalam pelaksanaan pengiriman barang, jasa ekspedisi menetapkan tarif dan batas waktu pengiriman.

Tarif yang dikenakan oleh setiap jasa ekspedisi biasanya bervariasi tergantung pada jenis layanan yang dipilih. Jika mencari jasa ekspedisi dengan harga terjangkau, ekspedisi TrawLbens dapat menjadi opsi yang tepat.

Manfaat Menggunakan Jasa Ekspedisi

Manfaat menggunakan jasa ekspedisi adalah sebagai berikut:

1. Pengiriman Barang Lebih Efisien dan Sederhana

Dengan memanfaatkan layanan ekspedisi, proses pengiriman barang dapat diselesaikan secara lebih efisien dan praktis dibandingkan dengan melakukan pengiriman sendiri. Perusahaan ekspedisi dapat menjamin pengiriman barang kepada pelanggan dengan cepat dan aman, berkat infrastruktur yang dimilikinya untuk mendukung kegiatan pengiriman.

2. Jangkauan Layanan yang Luas

Keunggulan lain dari menggunakan layanan ekspedisi adalah kemampuannya untuk menjangkau pasar secara luas. Layanan ekspedisi umumnya memiliki cakupan pengiriman yang meluas, bahkan hingga ke daerah terpencil dan luar negeri.

Dengan memanfaatkan layanan pengiriman ini, Anda dapat melayani pelanggan dari berbagai wilayah tanpa harus repot mengurus logistik pengiriman barang.

3. Dapat Melacak Pesanan (Tracking System)

Salah satu fasilitas yang disediakan oleh jasa ekspedisi adalah fitur pelacakan (tracking). Fitur ini memungkinkan pengirim untuk memantau dan melacak status pengiriman barang secara real-time. Untuk mengetahui perkembangan pengiriman, Anda hanya perlu memasukkan nomor resi pada kolom pelacakan yang tersedia di situs jasa ekspedisi.

Dengan meningkatnya popularitas bisnis online, permintaan terhadap jasa ekspedisi juga semakin meningkat. Meskipun demikian, saat memilih layanan pengiriman barang, pastikan untuk memilih jasa ekspedisi terbaik dan terpercaya, seperti TrawLbens.

Manfaat ekspedisi adalah beberapa hal yang sudah disebutkan diatas. Dengan menggunakan layanan ekspedisi yang tepat, barang akan sampai ke tangan pelanggan dengan aman dan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Perbedaan Ekspedisi dan Logistik

Dalam pembahasan mengenai ekspedisi, banyak orang cenderung langsung mengaitkannya dengan logistik. Meskipun demikian, tidak semua orang memiliki pemahaman yang jelas tentang perbedaan antara kedua istilah tersebut.

Jadi, apa sebenarnya perbedaan antara ekspedisi dan logistik? Perbedaan logistik dan ekspedisi adalah sebagai berikut:

1. Pengertian

Jasa ekspedisi adalah perusahaan yang khusus berfokus pada layanan pengiriman barang ke alamat tertentu. Di sisi lain, logistik tidak hanya terbatas pada pengiriman, melainkan juga melibatkan proses pengadaan, penyediaan gudang, hingga penyimpanan barang.

2. Jenis Layanan

Dalam hal layanan, jasa ekspedisi terbatas pada pengiriman barang tanpa menyediakan fasilitas gudang atau alat transportasi. Sebaliknya, logistik menyediakan layanan yang melibatkan pengiriman, gudang, alat transportasi, bahkan konsultasi terkait manajemen logistik.

3. Fokus

Jasa ekspedisi lebih terfokus pada pengiriman barang, baik itu untuk individu maupun perusahaan. Di sisi lain, logistik lebih menitikberatkan pada pemenuhan kebutuhan konsumen dalam skala besar, termasuk menyediakan armada untuk pengiriman barang, fasilitas gudang penyimpanan, hingga aspek manajemen dalam bidang logistik.

4. Jumlah Muatan

Jasa ekspedisi mengangkut muatan dalam jumlah kecil, seperti pengiriman oleh perorangan yang dihandle oleh kurir dengan berbagai jenis armada. Sebaliknya, logistik mengatasi muatan yang jauh lebih besar, dapat mencapai 10 hingga 50 ton.

Untuk perbedaan logistik dan ekspedisi adalah hal yang sudah kami sebutkan diatas, ada beberapa hal yang membuat keduanya berbeda seperti definisi, jenis layanan, fokus dan jumlah muatan dalam pengiriman barang.

Urutan Dalam Ekspedisi Pengiriman Barang

Menurut informasi yang dikutip dari situs web Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, rangkaian kegiatan dalam layanan pengiriman barang ekspedisi adalah sebagai berikut:

1. Pengumpulan (Collecting/Drop off)

Proses penerimaan pesanan dari bagian operasional dengan mengumpulkan barang yang sudah memiliki surat perintah pengiriman.

2. Pemisahan dan Pendataan (Sortasi Barang)

Pemisahan barang berdasarkan kota domisili atau collection point, serta pendataan paket kiriman, baik berupa fisik paket maupun dokumen yang akan dikirimkan melalui pengiriman barang.

3. Pengangkutan (Transporting)

Proses loading barang kiriman dari domisili collection point menggunakan mobil van atau truk.

4. Pengambilan (Pick-up)

Pengambilan barang atau penerimaan paket, dokumen, atau kargo melalui armada truk atau mobil van, yang selanjutnya diteruskan menggunakan kurir motor.

5. Pengiriman (Delivery)

Proses pengiriman barang sesuai dengan manifest yang terdaftar dan yang sudah diproses oleh pelanggan ke bagian operasional, serta pengiriman sesuai dengan kota tujuan.

Dengan demikian, sebagaimana dijelaskan di atas, dapat dipastikan bahwa ekspedisi memiliki peran yang sangat penting dalam rantai logistik, karena melalui ekspedisi lah barang diantarkan dari produsen hingga ke konsumen akhir.

Ekspedisi adalah hal yang harus Anda ketahui saat atau ingin terjun dalam dunia pengiriman barang. Itulah pembahasan mengenai ekspedisi adalah, manfaat dan perbedaanya dengan logistik, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan artikel