Home » Parenting » 11 Makanan Penambah Tinggi Badan Anak & Remaja, Terbukti!

11 Makanan Penambah Tinggi Badan Anak & Remaja, Terbukti!

11 Makanan Penambah Tinggi Badan Anak & Remaja, Terbukti!

Makanan sebenarnya dapat membantu anak-anak tumbuh lebih tinggi. karena banyak penyelidikan telah membuktikan fakta tersebut. Untuk itu Anda perlu mengetahui apa saja jenis makanan penambah tinggi badan anak dan remaja.

Semua makanan tersebut, menurut para ahli gizi, dapat membantu anak mendapatkan nutrisi harian yang dibutuhkan untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Perlu Anda ketahui juga bahwa tinggi badan anak sangat dipengaruhi oleh faktor genetik.

Namun, memberi anak Anda berbagai makanan penambah tinggi badan adalah hal yang aman. Beberapa makanan tersebut dapat menunjang kesehatan dan tumbuh kembang anak selain rasanya yang enak.

Anda pasti penasaran dengan makanan ini. Mari kita lanjutkan ke solusi di bawah ini tentang jenis dan rekomendasi makanan penambah tinggi badan anak dan remaja tanpa penundaan lebih lanjut. Berikut ulasannya untuk Anda.

Rekomendasi Makanan Penambah Tinggi Badan Anak

Tidak ada lagi yang bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh anak menjadi lebih tinggi setelah ia mencapai tinggi maksimalnya. Namun, tidak perlu takut, karena ada banyak makanan penambah tinggi badan anak dan remaja berbeda yang membantu mendukung tulang dan persendian yang kuat, sehingga tinggi badan anak Anda.

1. Telur

Telur adalah makanan yang diremehkan yang dapat membantu pertumbuhan tinggi badan anak. Anak-anak yang dengan penuh perhatian mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti telur, mengalami peningkatan tinggi badan dibandingkan dengan anak-anak lain yang menerima sedikit protein, menurut sebuah penelitian.

Baca Juga: 10 Cara Cerdas Menghadapi & Mengatasi Anak Tantrum, Ampuh!

2. Daging Ayam

Nutrisi vitamin B12 yang diperlukan anak Anda untuk tumbuh tinggi banyak terdapat pada daging ayam. Selain itu, daging ayam mengandung asam amino taurin, yang mengontrol pertumbuhan dan produksi tulang.

Selain itu, daging ayam merupakan sumber protein yang baik. 20 gram protein terdapat dalam 85 gram daging ayam. Alhasil, Anda bisa memberikan anak Anda daging ayam sebagai lauknya.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Makanan Tinggi Kalori untuk Anak Terbaik

3. Almond

Almond memiliki profil nutrisi yang sangat baik selain memiliki rasa yang enak. Namun siapa sangka kacang-kacangan ini termasuk dalam kategori makanan penambah tinggi badan anak dan remaja yang sangat direkomendasikan karena terbukti khasiatnya.

Vitamin E yang terdapat pada kacang almond sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Menurut sebuah penelitian, pertumbuhan dan perkembangan anak dapat terhambat karena asupan vitamin E yang tidak mencukupi, yang akan mengakibatkan tinggi badan anak yang tidak memuaskan. Kacang almond juga dapat menjaga kesehatan tulang anak.

Baca Juga: 3 Cara Menghitung Kalori yang Dibutuhkan Tubuh Paling Akurat

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan kubis tentu akan memenangkan persaingan sayuran yang tinggi vitamin K. Vitamin K yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak adalah vitamin K. Karena vitamin ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membantu pertumbuhan tinggi badan anak.

Baca Juga: 4 Contoh & Cara Menghitung Kalori Makanan yang Benar

5. Yogurt

Remaja menyukai yoghurt karena merupakan minuman bergizi. Namun, hanya sedikit orang yang menyadari bahwa yoghurt dapat mendukung tumbuh kembang anak, termasuk menambah tinggi badan.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa probiotik dalam yoghurt dapat meningkatkan tumbuh kembang anak selain menjaga kekebalan tubuh dan mencegah peradangan.

Baca Juga: Cara Menghitung Kalori Harian Pria & Wanita yang Benar

6. Ubi Jalar

Menurut sebuah penelitian, ubi jalar kaya akan vitamin A yang dapat mendorong pertumbuhan sehat pada anak, termasuk penambahan tinggi badan. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa ubi jalar memberikan sejumlah nutrisi yang dibutuhkan anak, termasuk serat yang dapat membantu pencernaan anak.

Baca Juga: Cara Menghitung Kalori Untuk Diet, Diet Pasti Berhasil!

7. Kacang Kedelai

Kacang kedelai yang sering dikonsumsi dalam bentuk susu kedelai ternyata bisa membantu pertumbuhan tinggi badan anak. Mengingat kandungan protein kedelai yang tinggi dapat membantu tumbuh kembang anak Anda.

Sayangnya, para peneliti belum menemukan bukti apa pun yang menghubungkan konsumsi kedelai dengan peningkatan tinggi badan anak. Efektivitas kedelai sebagai makanan penambah tinggi badan masih perlu penelitian lebih lanjut.

8. Buah-Buahan

Ada beberapa jenis buah-buahan dengan rasa manis yang mudah dinikmati anak-anak. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengenalkan anak Anda pada buah secara rutin. Buah dapat membantu tumbuh kembang anak karena kaya akan nutrisi.

Setiap hari, sediakan setidaknya satu atau dua jenis buah berbeda dalam bekal makan siang anak Anda. Buah dari beberapa jenis harus tersedia agar anak tidak cepat bosan.

9. Quinoa

Kategori protein lengkap termasuk quinoa. Oleh karena itu, makanan ini mengandung sembilan jenis asam amino penting yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, quinoa membantu meningkatkan mineral tulang karena kadar magnesiumnya yang tinggi. Sehingga dipercaya masuk ke dalam kategori makanan penambah tinggi badan.

10. Ikan Salmon

Ikan seperti salmon adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Pola makan ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak Anda dan sangat bermanfaat bagi jantung. Menurut sebuah penelitian, asam lemak omega-3 juga berkontribusi terhadap peningkatan tinggi badan dan kesehatan tulang anak.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi omega-3 dalam jumlah yang tidak mencukupi dapat mengalami kesulitan tidur. Oleh karena itu, hal tersebut dapat menghambat pertumbuhan fisik.

11. Susu

Kehidupan anak-anak senantiasa memasukkan susu sebagai minuman. Minuman ini memiliki sejumlah nutrisi yang dapat mendorong tumbuh kembang anak. Selain itu, susu merupakan sumber protein yang baik. 8 gram protein hadir dalam 244 ml susu.

Perlu diingat bahwa jika anak Anda memiliki alergi susu, sebaiknya jangan berikan mereka susu. Segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui cara penanganannya.

Oleh karena itu, disarankan berbagai jenis makanan untuk menambah tinggi badan anak yang sehat. Oke, mungkin ikhtisar di atas bisa menghilangkan kebingungan Anda mengenai pemberian makanan penambah tinggi badan pada anak Anda.

Tips Menambah Tinggi Badan Anak dan Remaja

Selain mengonsumsi makanan-makanan di atas, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk membantu anak tumbuh tinggi, yaitu:

  1. Olahraga secara rutin. Olahraga membantu merangsang pertumbuhan hormon pertumbuhan.
  2. Tidur yang cukup. Tidur yang cukup membantu pertumbuhan hormon pertumbuhan dilepaskan.
  3. Menjaga berat badan ideal. Kelebihan berat badan dapat menghambat pertumbuhan.
  4. Menghindari merokok dan alkohol. Rokok dan alkohol dapat menghambat pertumbuhan.

Pada dasarnya, pertumbuhan tinggi badan anak dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk genetik, nutrisi, dan gaya hidup. Namun, dengan mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk pertumbuhan dan menerapkan gaya hidup yang sehat, anak dapat memiliki peluang lebih besar untuk tumbuh tinggi. Sekian artikel kali ini tentang rekomendasi makanan penambah tinggi badan anak dan remaja, semoga bermanfaat.

Bagikan artikel