Home » Resep & Makanan » 8 Rekomendasi Makanan Tinggi Kalori untuk Anak Terbaik

8 Rekomendasi Makanan Tinggi Kalori untuk Anak Terbaik

8 Rekomendasi Makanan Tinggi Kalori untuk Anak  Terbaik

Orang tua khususnya mengkhawatirkan makanan berkalori tinggi pada anak-anaknya. Sebab pertambahan berat badan yang tepat merupakan salah satu unsur tumbuh kembang anak yang sehat. Untuk itu Anda perlu mengetahui rekomendasi makanan tinggi kalori untuk anak yang bagus untuk menambah berat badan anak.

Anak-anak perlu menambah berat badan tiga kali lebih banyak dibandingkan saat mereka lahir pada saat mereka berusia satu tahun. Sebaiknya segera bicarakan dengan dokter anak jika berat badan anak Anda bertambah secara tidak merata atau tidak sama sekali.

Sebagai alternatifnya, Anda juga bisa memberikan anak Anda makanan berkalori tinggi untuk membantunya menambah berat badan dan menjadi lebih sehat. Apa saja makanan tinggi kalori untuk anak? Solusinya terungkap di bawah ini.

Apa itu Makanan Tinggi Kalori untuk Anak?

Makanan tinggi kalori untuk anak adalah makanan yang mengandung banyak kalori dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Kalori adalah unit energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai fungsi, termasuk bergerak, bernafas, dan tumbuh.

Pada dasarnya, semua makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak adalah makanan tinggi kalori. Namun, penting untuk memilih makanan yang tinggi kalori dan juga tinggi nutrisi, agar anak tetap mendapatkan semua yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Baca Juga: 10 Cara Cerdas Menghadapi & Mengatasi Anak Tantrum, Ampuh!

Jika anak Anda mengalami masalah dengan berat badan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat tentang cara meningkatkan berat badan mereka dengan cara yang sehat.

Berikut adalah beberapa tips untuk memberikan makanan tinggi kalori untuk anak:

  1. Sertakan makanan tinggi kalori untuk anak dalam setiap kali makan dan camilan.
  2. Buat makanan yang menarik dan menggugah selera untuk anak.
  3. Hindari memberi anak makanan tinggi gula dan lemak jenuh, seperti permen, kue, dan fast food.
  4. Tawarkan anak berbagai macam makanan untuk membantu mereka menemukan makanan yang mereka sukai.
  5. Beri anak waktu yang cukup untuk makan dan jangan terburu-buru.
  6. Jika anak masih belum mau makan, jangan memaksa mereka.

Dengan memberikan anak makanan tinggi kalori untuk anak yang sehat dan bergizi, Anda dapat membantu mereka mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Rekomendasi Makanan Tinggi Kalori untuk Anak 

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi berat badan anak. Anda bisa menambahkan makanan tinggi kalori untuk anak seperti yang tercantum di bawah ini sebagai obatnya.

1. Keju 

Anda dapat memasukkan keju ke dalam makanan anak Anda untuk memberinya lebih banyak makanan tinggi kalori. Selain itu, keju olahan dapat digunakan untuk membuat makanan ramah anak seperti stik keju.

Namun perlu diingat bahwa anak-anak tertentu mungkin alergi terhadap makanan yang dibuat dengan susu. Anda dapat menawarkan keju ini kepada anak Anda jika dia tidak memiliki alergi susu. Mereka tidak boleh menerimanya jika mereka memiliki alergi.

2. Alpukat 

Bagi anak-anak yang sedang mencoba menambah berat badan, buah berbentuk oval ini mungkin bisa menjadi sumber kalori yang baik. Selain itu, asam lemak omega-3 pada alpukat juga bermanfaat untuk jantung anak kecil.

Banyak anak menyukai alpukat karena teksturnya yang sangat lembut sehingga mudah ditelan. Untuk anak Anda, Anda bisa menyiapkan sandwich alpukat atau jus alpukat agar mereka tertarik untuk memakannya. Atau Anda bisa memanfaatkan alpukat untuk membuat olahan makanan atau minuman lain yang disukai anak-anak.

3. Telur 

Telur merupakan makanan tinggi kalori berikutnya yang cocok untuk anak. Telur-telur ini dapat diolah menjadi telur orak-arik dan makanan olahan ramah anak lainnya.

Seperti kita ketahui bersama, telur merupakan makanan padat kalori; satu telur rebus memiliki 70 kalori. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan telur kepada anak sebagai makanan bergizi penambah berat badan.

4. Selai kacang

Selain itu, selai kacang dapat dikonsumsi untuk membantu peningkatan berat badan yang sehat pada anak. Anda dapat menambahkan selai kacang ini ke berbagai makanan dan camilan ramah anak, seperti roti panggang atau minuman yang dibuat dengan selai tersebut.

Anda bisa mencoba mengenalkan selai kacang ini kepada anak secara bertahap agar bisa memikat hati mereka karena tidak semua anak menyukainya. Anda tidak akan kesulitan memberikan ramuan selai kacang yang berbeda kepada anak Anda jika mereka sudah menikmatinya.

5. Pisang 

Dibandingkan buah lain seperti stroberi, apel, dan semangka, pisang memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Buah ini juga kaya akan karbohidrat, vitamin B6, dan C yang semuanya dapat membantu menunjang pertumbuhan tubuh anak.

Menghaluskan pisang sebelum dihidangkan bisa dijadikan bahan kuliner. Anda juga bisa menyiapkan berbagai masakan untuk anak dengan menggunakan pisang.

6. Yoghurt 

Yogurt merupakan makanan tinggi kalori untuk anak selanjutnya. Yogurt mengandung kalori dan lemak, yang mungkin menyebabkan berat badan anak Anda bertambah. Konsumsi yogurt tidak hanya meningkatkan berat badan tetapi juga mendukung kekebalan tubuh, kesehatan pencernaan, dan masalah perut.

Untuk membuat yoghurt ini lebih sehat, tambahkan pisang, ceri, apel, atau buah lainnya ke dalamnya. Agar yoghurt lebih nikmat disantap anak Anda, pilihlah buah favoritnya untuk dimasukkan.

7. Daging 

Bentuk makanan terbaik untuk menjaga kesehatan anak adalah daging, bisa berupa ikan, ayam, atau daging sapi karena kaya akan kalori. Anak bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi daging ini, selain menyehatkan.

Daging memiliki kandungan protein, kalori, B6, B12, dan fosfor yang signifikan, yang semuanya dapat membantu tumbuh kembang anak, terutama dari segi tulangnya. Bahan dasar daging ini dapat digunakan untuk membuat berbagai macam resep untuk anak-anak.

Lebih baik mengolahnya menjadi ayam goreng, steak, atau salmon, dan makanan favorit lainnya. Tentu saja makanan tersebut dapat menggugah selera anak dan seringkali mereka makan dengan antusias.

8. Kentang 

Kentang adalah sumber makanan tinggi kalori luar biasa yang dapat membantu anak Anda menambah berat badan. Selain tinggi karbohidrat, sayuran ini juga kaya akan vitamin, mineral, dan fenol alami. Kentang bisa dibuat menjadi kentang goreng atau sup kentang dan disajikan sebagai hidangan.

Anda bisa membuatkan kentang tumbuk untuk mereka dan menyajikannya dengan steak atau ikan jika mereka bosan dengan sup kentang dan kentang goreng. Kalau sudah seperti ini, anak-anak tidak akan segan-segan menerimanya.

Jadi ini dia: daftar makanan berkalori tinggi yang bisa Anda coba di rumah untuk membantu anak Anda berkembang dengan sehat. Karena sudah membaca alasannya, Anda tidak perlu lagi bingung untuk memberikan makanan tinggi kalori untuk anak.

Bagikan artikel