Home » Kecantikan » 6 Manfaat Salicylic Acid Untuk Wajah & Tips Penggunaannya

6 Manfaat Salicylic Acid Untuk Wajah & Tips Penggunaannya

6 Manfaat Salicylic Acid Untuk Wajah & Tips Penggunaannya

Sebagian tahun belum lama ini, nyaris segala produk perawatan kulit dijual dengan memamerkan salicylic acid aktif beserta dengan kandungan konsentrasinya. Umumnya para konsumen memilih produk ini biar fokus menanggulangi kasus kulit tertentu pada wajah.

Salah satu bahan yang banyak ditemukan ialah Asam salisilat buat wajah. Kira- kira apa saja isi serta manfaat salicylic acid? Saat sebelum menulisnya lebih jauh, terdapat baiknya kalian kenali lebih dahulu penafsiran dari Asam salisilat buat wajah semacam pembahasan berikut ini.

Apa Itu Salicylic Acid?

Salicylic Acid adalah asam beta- hidroksi ataupun biasa kita tahu dengan BHA. BHA merupakan salah satu tipe eksfoliasi ataupun asam pengelupasan. Tipe yang lain ialah AHA ataupun asam alfa hidroksi, ini ialah bahan- bahan semacam asam laktat serta glikolat.

Bersumber dari kulit tumbuhan willow ataupun terbuat secara sintesis, senyawa ini memiliki watak anti kuman serta anti inflamasi. Ini juga ialah salisilat, yang mendudukinya pada kelompok yang sama semacam aspirin.

Baca Juga: 11 Tips & Cara Menggunakan Milk Cleanser Yang Benar

Jadi BHA, salicylic acid dapat larut di dalam minyak, yang berarti dapat menembus kulit di tingkatan yang lumayan dalam dibanding bahan AHA yang dapat larut di dalam air. Tidak cuma bekerja aktif di permukaan kulit saja, bahan aktif ini juga bisa masuk ke dalam pori- pori serta memecah jalinan minyak dan sel kulit mati.

Dari metode kerjanya tersebut, Asam salisilat sangat sesuai buat kalian yang mempunyai tipe kulit berminyak serta lagi berjerawat.

Manfaat Salicylic Acid Untuk Wajah

Bila dilihat dari metode kerjanya tersebut, di dasar ini adalah beberapa manfaat dari salicylic acid buat wajah yang butuh kalian tahu:

1. Kurangi minyak berlebih pada wajah

Salicylic acid buat wajah pastinya sangat bagus buat tipe kulit berminyak. Manfaat ini bersumber dari metode nya bekerja yang dapat memecah jalinan minyak.

Riset dari Journal of Cosmetic Dermatology ( 2014) mengalami bila konsumsi asam salisilat dengan 30% konsentrasinya dapat kurangi minyak kelewatan yang terdapat pada wajah secara signifikan.

Riset tersebut juga mengatakan bila setelah 2 pekan, penyusutan kandungan minyak lebih dapat nampak pada konsumsi asam salisilat 30% dibanding pyruvic acid 50%.

2. Selaku eksfoliasi

Semacam yang telah dibahas lebih dahulu bila BHA pula jadi bagian dari Asam salisilat yang dipakai guna pengelupasan kulit. BHA sama semacam AHA karena dipakai buat chemical peeling ataupun pengelupasan kimiawi.

Tipe pengelupasan tersebut dikira jadi pengelupasan kimia, sehingga jangan berharap ada butiran yang mengikat sel kulit mati seperti pada scrub. Kebalikannya, pengelupasan kimia dengan lembut semacam salicylic acid dapat melarutkan sel kulit mati, yang dapat menjadikan kulit tampak lebih bercahaya serta lebih muda dari waktu ke waktu.

3. Mengendalikan jerawat

Terdapat manfaat dari salicylic acid yang bisa kalian rasakan di wajah adalah berkurangnya jerawat yang kelewatan. Wajib kalian tahu bila timbulnya jerawat sebab penciptaan minyak berlebih, peradangan sebab kuman Propionibacterium acnes serta tersumbatnya pori- pori.

Karena asam salisilat mengendalikan kandungan minyak serta membetulkan pori- pori tersumbat, sebagian pemicu jerawat pula bisa diatasi. Sehingga, jerawat pula terkontrol, menurun, apalagi sembuh.

Buat dapat mengobati jerawat, pastinya konsentrasi asam salisilat yang bisa dipakai sebesar 0, 5% hingga 10%.

4. Meredakan peradangan

Wajib kalian tahu, salah satu kondisi pemicu infeksi wajah adalah jerawat. Biasanya jerawat yang meradang hendak mencuat nanah, kemerahan, membesar hingga rasa perih.

Tampaknya, manfaat asam salisilat untuk wajah bertabiat anti radang serta anti inflamasi pada jerawat. Buat perihal tersebut, asam salisilat dapat menolong memperlambat terjadinya senyawa pemicu infeksi, adalah prostaglandin.

Mengutip studi dari Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology( 2015), salicylic acid bisa bekerja meredakan infeksi di wajah dengan kandungan 0, 5% hingga 5%.

5. Meredakan indikasi hiperkeratosis

Hiperkeratosis adalah kondisi yang menyebabkan penebalan di susunan kulit bagian luar sebab penumpukan keratin. Umumnya permasalahan kulit ini terdapat di psoriasis, keratosis pilaris serta ichthyosis. Ketiganya bisa menjadikan wajah tampak mengelupas, pecah serta kering.

Karena bisa meng eksfoliasi sel kulit yang mati, manfaat salicylic acid pula pada hiperkeratosis bisa mengangkut penebalan susunan kulit. Umumnya, kandungan asam salisilat yang dipakai sebesar 3% hingga 6%.

6. Menanggulangi kutil pada wajah

Bukan cuma buat jerawat, Asam salisilat pula mempunyai manfaat bisa dipakai jadi metode guna melenyapkan kutil di wajah. Selaku isi yang bisa mengangkut penumpukan keratin, asam salisilat menolong buat memecah susunan terluar kulit yang sudah terinfeksi virus faktor kutil secara lama- lama.

Tidak cuma itu, asam salisilat pula menolong membebaskan virus yang terdapat di sel kulit serta mendesak respons imun badan sehingga badan bisa mencegah peradangan virus. Umumnya kandungan yang dipakai guna menanggulangi kutil adalah sebesar 5% hingga 40%. Tetapi, senantiasa konsultasikan dengan dokter saat sebelum mengenakan bahan aktif ini buat wajah berkutil.

Seperti itu, segudang manfaat salicylic acid buat kulit wajah yang dapat kalian pakai dengan takaran yang pas demi hasil yang memuaskan. Bila kalian mau memakai bahan ini, yakinkan coba terlebih dulu di balik telinga saat sebelum pada waja, buat mengenali kalian alergi ataupun tidak.

Efek Samping Salicylic Acid

Asam salisilat umumnya aman digunakan untuk sebagian besar orang. Namun, beberapa orang mungkin mengalami efek samping, seperti:

  1. Iritasi kulit
  2. Kemerahan
  3. Kulit kering dan mengelupas
  4. Sensasi terbakar

Jika Anda mengalami efek samping yang serius, segera hentikan penggunaan produk yang mengandung Asam salisilat dan konsultasikan dengan dokter.

Tips Penggunaan Salicylic Acid

Untuk menghindari efek samping, penting untuk menggunakan Asam salisilat dengan benar. Berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Mulailah dengan dosis yang rendah

Jika Anda baru menggunakan Asam salisilat, mulailah dengan dosis yang rendah, misalnya 0,5%. Anda dapat meningkatkan dosis secara bertahap jika kulit Anda dapat mentolerirnya.

2. Gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda

Salicylic acid tersedia dalam berbagai konsentrasi. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk kulit sensitif, pilih produk dengan konsentrasi yang lebih rendah.

3. Gunakan produk secara teratur

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan produk yang mengandung Asam salisilat secara teratur. Anda dapat menggunakannya setiap hari atau setiap beberapa hari sekali, tergantung pada jenis kulit Anda.

4. Gunakan pelembab

Salicylic acid dapat membuat kulit kering. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan pelembab setelah menggunakan produk yang mengandung Asam salisilat.

Salicylic acid adalah bahan aktif yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Dengan penggunaan yang tepat, Anda dapat mendapatkan kulit yang lebih bersih, cerah, dan sehat.

Bagikan artikel

berita teknologi dan game terkini / berita teknologi dan game terkini / berita teknologi dan game terkini / berita teknologi dan game terkini / berita teknologi dan game terkini / berita teknologi dan game terkini / berita teknologi dan game terkini / berita teknologi dan game terkini / berita teknologi dan game terkini / berita teknologi dan game terkini / berita game dan teknologi terkini / berita game dan teknologi terkini / berita game dan teknologi terkini / berita game dan teknologi terkini / berita game dan teknologi terkini / berita game dan teknologi terkini / berita game dan teknologi terkini / berita game dan teknologi terkini / berita game dan teknologi terkini / berita game dan teknologi terkini / berita teknologi dan tutorial update / berita teknologi dan tutorial update / berita teknologi dan tutorial update / berita teknologi dan tutorial update / berita teknologi dan tutorial update / berita teknologi dan tutorial update / berita teknologi dan tutorial update / berita teknologi dan tutorial update / berita teknologi dan tutorial update / berita teknologi dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan teknologi update / berita game dan teknologi update / berita game dan teknologi update / berita game dan teknologi update / berita game dan teknologi update / berita game dan teknologi update / berita game dan teknologi update / berita game dan teknologi update / berita game dan teknologi update / berita game dan teknologi update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan tutorial update / berita game dan teknologi indonesia / berita game dan teknologi indonesia / berita game dan teknologi indonesia / berita game dan teknologi indonesia / berita game dan teknologi indonesia / berita game dan teknologi indonesia / berita game dan teknologi indonesia / berita game dan teknologi indonesia / berita game dan teknologi indonesia / berita game dan teknologi indonesia / informasi teknologi dan game / informasi teknologi dan game / informasi teknologi dan game / informasi teknologi dan game / informasi teknologi dan game / informasi teknologi dan game / informasi teknologi dan game / informasi teknologi dan game / informasi teknologi dan game / informasi teknologi dan game / informasi teknologi dan tutorial / informasi teknologi dan tutorial / informasi teknologi dan tutorial / informasi teknologi dan tutorial / informasi teknologi dan tutorial / informasi teknologi dan tutorial / informasi teknologi dan tutorial / informasi teknologi dan tutorial / informasi teknologi dan tutorial / informasi teknologi dan tutorial / media berita teknologi terkini / media berita teknologi terkini / media berita teknologi terkini / media berita teknologi terkini / media berita teknologi terkini / media berita teknologi terkini / media berita teknologi terkini / media berita teknologi terkini / media berita teknologi terkini / media berita teknologi terkini / media berita game terkini / media berita game terkini / media berita game terkini / media berita game terkini / media berita game terkini / media berita game terkini / media berita game terkini / media berita game terkini / media berita game terkini / media berita game terkini / berita teknologi paling update / berita teknologi paling update / berita teknologi paling update / berita teknologi paling update / berita teknologi paling update / berita teknologi paling update / berita teknologi paling update / berita teknologi paling update / berita teknologi paling update / berita teknologi paling update / berita teknologi setiap hari / berita teknologi setiap hari / berita teknologi setiap hari / berita teknologi setiap hari / berita teknologi setiap hari / berita teknologi setiap hari / berita teknologi setiap hari / berita teknologi setiap hari / berita teknologi setiap hari / berita teknologi setiap hari / berita game setiap hari / berita game setiap hari / berita game setiap hari / berita game setiap hari / berita game setiap hari / berita game setiap hari / berita game setiap hari / berita game setiap hari