Home » Kesehatan » 14 Manfaat Tawas Untuk Ketiak & Menghilangkan Bau Badan

14 Manfaat Tawas Untuk Ketiak & Menghilangkan Bau Badan

14 Manfaat Tawas Untuk Ketiak & Menghilangkan Bau Badan

Karena sifat antibakteri dan astringent, tawas adalah garam mineral yang dapat digunakan sebagai deodoran alami. Astringent adalah zat yang mengencangkan jaringan tubuh. Manfaat tawas yaitu dapat menghentikan keringat berlebih untuk ketiak dan pertumbuhan mikroorganisme penyebab bau badan.

Ada desas-desus yang beredar bahwa mengoleskan tawas ke ketiak dapat menyebabkan kanker payudara. Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika mengklaim bahwa menggunakan mineral ini untuk ketiak tidak berbahaya.

Baca Juga: 11 Makanan Penambah Tinggi Badan Anak & Remaja, Terbukti!

Tawas adalah unsur umum dalam deodoran ketiak alami, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang belum ditemukan baik untuk kecantikan maupun kesehatan.

Sebongkah kristal yang dikenal sebagai tawas terbuat dari air dan garam mineral allium. Alhasil, dapat digunakan atau dioleskan ke tubuh tanpa kesulitan di dalam air.

Tawas juga telah lama dianggap sebagai penghilang bau badan alami. Lantas apa saja manfaat tawas untuk ketiak atau kecantikan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Manfaat Tawas Untuk Ketiak, Kecantikan dan kesehatan

Tawas termasuk astringent, yang baik untuk kulit karena mengencangkannya, mengurangi iritasi, dan menyerap minyak dari kulit. Simak manfaat tawas untuk kecantikan berikut ini untuk informasi lebih lanjut:

1. Menghilangkan Bau Badan

Salah satu manfaat tawas yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk menghilangkan bau badan, terutama di bagian ketiak.

Sedikit campuran bubuk damar dapat digunakan dengan bubuk tawas. Setiap hari, oleskan bedak sebagai bedak tabur ke ketiak atau seluruh tubuh.

2. Mengatasi Bau Mulut dan Sariawan

Alum dapat menghilangkan pertumbuhan bakteri berlebih di mulut yang sering menyebabkan sariawan dan bau mulut. Tawas juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi Candida tropicalis dan albicans pada gigi.

Rebus air dalam panci dengan sedikit garam hingga mendidih, lalu gunakan sebagai obat kumur. Bubuk tawas kemudian harus ditambahkan dan diaduk sampai larut. Untuk hasil terbaik, terapkan solusi ini dua hingga tiga kali setiap hari.

3. Menghentikan Kehilangan Darah dan Luka

Karena efektif menghentikan pendarahan pada jaringan parenkim hati, tawas dapat menghentikan pendarahan dan menghentikan luka.

Anda bisa mengoleskan bubuk tawas pada luka yang berdarah. Namun jika perdarahan cukup signifikan, segera dapatkan pertolongan dari dokter.

4. Mengobati Kutu Air

Sifat astringent Alum yang dapat mengempeskan dan mengeringkan permukaan kulit kaki atlet membuatnya efektif dalam merawat kaki atlet.

2 hingga 3 sendok teh bubuk tawas harus dilarutkan dalam air hangat, kemudian kaki Anda harus direndam dalam larutan tersebut selama 20 menit sebelum dikeringkan dengan handuk baru. Ikuti prosedur ini secara konsisten sampai kaki atlet menghilang.

5. Menghindari Keriput

Sifat astringen tawas efektif untuk menyembuhkan kerutan kulit selain kutu air. Oleskan tawas secara merata pada kulit setelah dicuci dengan air dingin, lalu tunggu hingga kering. Bersihkan pasta tawas secara perlahan sambil dibilas dengan air bersih.

6. Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Sifat tambahan tawas yang ramah kulit, yang membantu merawat tumit pecah-pecah atau kering. Dalam wadah kosong, cukup panaskan tawas hingga meleleh dan mengeluarkan buih. Matikan api dan biarkan pulp menjadi dingin setelah semua air menguap.

Bubur tawas kemudian harus dicampur dengan baik dan dikombinasikan dengan sedikit minyak kelapa. Gunakan secara teratur pada tumit pecah-pecah.

7. Obat Untuk Mencukur

Ada banyak orang yang sering mengalami kemerahan atau iritasi setelah bercukur. Anda tidak perlu khawatir karena tawas bisa digunakan untuk mengatasi hal ini.

Gosokkan sedikit tawas pada wajah basah Anda selama beberapa detik setelah bercukur. Setelah itu, bilas bersih dengan air.

8. Pengobatan Bintitan Mata

Tawas juga dapat digunakan untuk mengobati bintitan atau abses mata. Komponen tawas dapat menghilangkan bakteri dan virus yang mengiritasi mata.

Dengan sedikit air, siapkan pasta tawas dan kayu cendana. Oleskan pada mata yang gatal setelah itu. Gunakan teknik ini sesering mungkin sampai bintil mata hilang.

9. Meredakan Kejang Otot

Gabungan tawas dan kunyit efektif sebagai pengobatan rumahan untuk kram. Kedua zat ini mengurangi kram otot dengan bekerja sebagai antiseptik dan pengencer darah yang ampuh.

Di atas area yang kram, oleskan campuran kunyit dan tawas yang kental. Jangan sentuh area tersebut, dan biarkan mengering. Untuk menghilangkan rasa sakit, ulangi prosedur ini dua kali sehari selama dua hari.

10. Mengobati Rambut Rontok

Lama digunakan sebagai depilator atau penghilang bulu adalah tawas. Rahasianya adalah menggabungkan air mawar dengan bubuk tawas dengan perbandingan 2:1.

Setelah mencukur rambut yang tidak diinginkan, tutupi area tersebut dengan larutan tawas. Setelah 20 menit, cuci dengan hati-hati, lalu keringkan.

11. Membuat Miss V Lebih Cerah

Banyak orang yang beranggapan bahwa salah satu manfaat tawas untuk Miss V adalah kemampuannya untuk mengurangi atau mencerahkan kegelapan di sekitar area vagina.

Namun, saat ini belum ada dukungan ilmiah mengenai manfaat tawas untuk Miss V. Penggunaan teknik ini tidak disarankan jika Anda memiliki kulit sensitif.

12. Mencerahkan Ketiak Yang Gelap

Kulit sering tampak hitam setelah mencukur bulu ketiak. Selain kebiasaan mencukur, beberapa kelainan juga bisa menyebabkan kulit tampak kusam. Saat mengenakan pakaian tanpa lengan, tentu hal ini bisa membuat Anda merasa kurang percaya diri.

Di ketiak, tawas bisa digunakan untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Hasilnya, kulit di belakang lengan tampak lebih cerah. Untuk mengetahui manfaatnya, berikan perawatan tawas secara teratur.

13. Mencegah Iritasi

Setelah mencukur rambut, kulit di bawah lengan akan lebih halus dan mudah iritasi. Anda dapat menggunakan tawas untuk menghentikan masalah ini dengan mengoleskannya setelah mencukur bulu ketiak.

Karena infeksi bakteri, kemampuan anti-bakterinya mengurangi iritasi kulit. Selain itu, kulit ketiak mungkin menjadi lebih terhidrasi berkat karakteristiknya yang halus.

14. Aman Untuk Kulit Sensitif

Jika deodoran tidak cocok untuk Anda, itu bisa mengganggu seseorang dengan kulit halus. Ini karena deodoran mengandung zat seperti paraben, triclosan, dan alkohol yang dapat mengiritasi kulit. Tawas dapat digunakan sebagai pengganti deodoran jika deodoran bisa menyebabkan iritasi.

Cara Mendapatkan Manfaat Tawas Untuk Ketiak

Tawas asli ditemukan sebagai fragmen batu kristal. Namun tawas kini banyak tersedia di pasaran dalam bentuk bubuk, semprot, dan cair. Anda dapat memilih item berdasarkan permintaan Anda. Jika Anda memilih untuk menggunakan tawas dalam bentuk bubuk, lakukan tindakan berikut:

  1. Setelah mandi, tepuk-tepuk tubuh hingga kering, beri perhatian khusus pada ketiak.
  2. Gunakan air secukupnya untuk melarutkan bubuk tawas.
  3. Oleskan larutan secara merata ke ketiak. Gunakan gerakan melingkar atau naik-turun saat memijat.
  4. Tunggu beberapa saat hingga tawas mengering dengan sendirinya.
  5. Berpakaian seperti biasa setelah pengeringan.

Tawas tidak bisa mengurangi keringat di ketiak karena tidak mengandung antiperspirant. Dapatkan promo khusus produk tawas original di marketplace kesayangan Anda, klik link dibawah untuk mendapatkan harga termurah tawas original.

Pencarian terkait:

  1. manfaat tawas untuk ketiak
  2. manfaat tawas untuk miss v
  3. manfaat tawas untuk air
  4. manfaat tawas untuk kulit gatal
  5. manfaat tawas untuk gigi
  6. manfaat tawas untuk tanaman

Bagikan artikel